Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching
Vol 1, No 1 (2017): Metathesis

Directive Illocutionary Act on English Teacher in Elementary School Sukoharjo 3 Probolinggo (Pragmatics Study)

Hosnol Wafa (Unknown)
Indrawati Vahmita (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis jenis-jenis tindak tutur ilokusi direktif yang digunakan oleh guru bahasa inggris di SDN Sukoharjo 3 Probolinggo. (2) mengetahui penggunaan dominan dari tindak tutur ilokusi direktif yang digunakan oleh guru bahasa inggris di SDN Sukoharjo 3Probolinggo. Penelitian ini membahas pragmatik sebagai dasar teori. Tindak tutur ilokusi direktif dipilih karena sebagian besar dari tuturan pada aktifitas pembelajaran menggunakan jenis, bertanya, berpesan, meminta, mengundang, menyarankan, dan memohon sebagai komunikasi strategi yang digunakan guru bahasa inggris. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif.  Hasil dari penelitian ini ditemukan semua jenis tindak tutur direktif, yaitu bertanya 38 ujaran (49,35%), terdiri dari 5 ujaran yang memberikan konfirmasi, 27 ujaran memberikan informasi dan 6 ujaran menegaskan. 25 ujaran berpesan (32,46%), 4 ujaran meminta (5,19%), 2 ujaran mengundang (2,59%), 4 ujaran menyarankan. Dan ditemukan 4 ujaran memohon (5,19%). Bertanya adalah ujaran yang paling banyak ditemukan karena guru memberikan pertanyaan tidak hanya untuk mendapatkan informasi, tetapi juga untuk mengajak siswa aktif selama proses pembelajaran di kelas.Kata kunci: Ilokusi, Direktif, Tindak tutur, Guru bahasa inggris, Pragmatik

Copyrights © 2017