Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi dalam meningkatkan kapasitas guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali guru dengan pemahaman konseptual dan keterampilan praktis dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis dimensi bernalar kritis sebagai bagian integral dari proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu, kegiatan ini dirancang dalam bentuk pelatihan intensif dengan pendekatan partisipatif dan dialogis. Pelaksanaan kegiatan meliputi empat tahapan utama, yaitu: survei kebutuhan, sosialisasi dan audiensi, pelatihan inti, dan evaluasi akhir. Sebanyak 30 guru dari 10 sekolah mitra di Kota Surakarta mengikuti kegiatan ini. Hasil evaluasi melalui instrumen pretest dan posttest menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 66 menjadi 98, yang mencerminkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap implementasi dimensi bernalar kritis. Selain itu, guru juga mampu menyusun rancangan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan konteks pembelajaran di sekolah dasar. Tanggapan peserta menunjukkan bahwa pelatihan ini relevan, dibutuhkan, dan mampu memberikan inspirasi baru dalam pengembangan pembelajaran. Kegiatan ini direkomendasikan untuk dilanjutkan dalam lingkup yang lebih luas dan pada dimensi lain dari Profil Pelajar Pancasila.
Copyrights © 2025