Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 6 No. 2 (2025): Edisi Mei 2025

Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Media Teknologi dengan Pendekatan Lesson Study untuk Guru Sekolah Dasar

Yuanita (Unknown)
Arrosyad, M. Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Dunia pendidikan yang terus berkembang menuntut guru dapat memahami pendekatan yang lebih relevan dengan kebutuhan zaman sehingga membutuhkan penguasa pembelajaran yang inovatif dan terintegrasi teknologi sehingga proses belajar mengajar berlangsung efektif dan berkualitas. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan mutu pembelajaran guru melalui pelatihan implementasi model pembelajaran berbasis media teknologi dan penerapan Lesson Study. Adapun pelaksanaan pengabdian bertempat di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung dengan 21 guru sebagai partisipan. Kegiatan peningkatan mutu pembelajaran guru dilaksanakan melalui empat tahapan utama, yaitu survei awal untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan, pelatihan terstruktur yang interaktif mengenai model pembelajaran, media digital, dan konsep Lesson Study, pendampingan langsung kepada guru dalam penerapan pembelajaran, serta evaluasi kegiatan untuk mengetahui dampak dan kendala. Hasil survei menunjukkan bahwa 74% peserta sangat setuju dan 24% setuju bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi guru. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan pengabdian ini melalui pelatihan, pendampingan dan evaluasi akan efektif untuk mendukung kompetensi guru dan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat memiliki Online ISSN: 2714-5778 dan Print ISSN : 2746-4733 dengan DOI: 10.36709/amalilmiah Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini adalah hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan focus dan ...