Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kewirausahaan Guru dan Potensi Diri terhadap Kepuasan KerjaGuru pada Sekolah Dasar se gugus Di Kecamatan Cimanggis Depok Jawa Barat. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode survei. Populasi targetnya adalah seluruh guru se gugus Di Kecamatan CimanggisDepok, mengingat jumlah populasinya sedikit, penelitian ini menggunakan sampel 40 guru. Untuk menguji hipotesistersebut menggunakan analisis jalur atau Path Analysis. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut.Pertama, terdapat pengaruh langsung Kewirausahaan Guru (X1) terhadap Kepuasan kerja guru (X3) denganpersamaan regresi X3 = 91,957+ 0,462X1 dan koefisien korelasi 0,575, yang signifikan pada taraf α = 0,05. Kedua,terdapat pengaruh langsung Potensi Diri (X2) terhadap Kepuasan kerja guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 86,166 + 0,488X2 dan koefisien korelasi 0,643, yang signifikan pada taraf α = 0,05. Ketiga terdapat pengaruhlangsung Kewirausahaan Guru (X) terhadap Potensi Diri (X2) dengan persamaan regresi X2 = 47,680 + 0.714X1dan koefisien korelasi 0,674, yang signifikan pada taraf α = 0,05. 1
Research aimed to investigate the influence of teacherâs entrepreneurship and self-potency concept toward teacherâswork satisfaction of the teachers at Cimanggis District cluster. The research method used here was survey researchmethod. The sample were 40 teachers. The research examined hypothesis with path analysis method. The researchsummarized 1) there was direct influences of entrepreneurship toward teacherâs works satisfaction as stated byregression equation X = 91,957+ 0,462X1 with coefficient correlation value 0,575 at 0.05 significant level. 2) Therewas direct influence of self-potency concept toward teacherâs works satisfaction as stated by regression equation X3
= 86,166 + 0,488X2 with coefficient correlation value 0,643 at 0.05 significant level.; 3) there was direct influenceof teacherâs entrepreneurship toward self-potency concept as stated by regression equation X = 47,680 + 0,714X1with coefficient correlation value 0,674 at 0.05 significant level. 2
3
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015