Jurnal Psikologi
Vol. 2 No. 4 (2025): August

Token Economy dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar

Putri, Salsabila (Unknown)
Nissa Indriyani, Qorik Dewi (Unknown)
Jamaluddin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik token economy dalam meningkatkan disiplin belajar siswa sekolah dasar. Latar belakang dari penelitian ini adalah fenomena rendahnya disiplin belajar pada siswa tingkat sekolah dasar, yang dapat berdampak pada kualitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Partisipan penelitian terdiri dari 27 siswa kelas IV sekolah dasar yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner pre-test dan post-test terkait disiplin belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Intervensi dilakukan melalui penerapan token berupa nilai simbolik sebagai bentuk penguatan positif terhadap perilaku disiplin dalam beberapa sesi. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test (p < 0,001), dengan nilai rata-rata meningkat dari 72,96 menjadi 82,78. Meskipun rata-rata peningkatan disiplin masih berada dalam kategori rendah (n-gain = 0,1972), temuan ini membuktikan bahwa token economy efektif dalam meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar penerapan token economy dilakukan secara berkelanjutan dengan dukungan guru dan orang tua untuk hasil yang lebih optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. Jurnal Psikologi publishes four issues annually in the months of November, February, May and August. The focus and scope of Jurnal Psikologi include articles concerned with Clinical Psychology, Cognitive Psychology, ...