Pada pelayanan rumah sakit, perkembangan teknologi telah memunculkan inovasi-inovasi yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pelayanan seperti pendaftaran pasien berobat secara online. Registrasi atau pendaftaran merupakan suatu prosedur pelayanan rumah sakit untuk menetapkan identitas pasien. Registrasi memiliki peranan utama bagi rumah sakit karena hal ini yang pertama kali menilai baik atau buruknya pelayanan suatu rumah sakit. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan pendaftaran online dapat mempengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden penelitian berjumlah 75 orang dengan karakteristik pasien yang telah melakukan pendaftaran secara online di Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang. Kemudian hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan software SPSS. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan pendaftaran online memberikan pengaruh dampak positif terhadap kepuasan pasien di RSU Aisyiyah Padang. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin baik pelayanan pada penggunaan pendaftaran online maka semakin tinggi pula kepuasan pasien di Rumah Sakit Aisyiyah Padang. Pasien yang puas diketahui mempengaruhi dan bahkan mendorong konsumen lain untuk juga memakai layanan kesehatan yang sama jika mereka yakin layanannya baik atau berkualitas tinggi.
Copyrights © 2025