Jurnal Bisinis Digital
Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis Digital, Vol. 3 No. 1 Mei-2025

ANALISIS ASPEK PEMASARAN, ASPEK TEKNIK DAN TEKNOLOGI, DAN ASPEK PASAR PADA UMKM DI KOTA SAMARINDA

Qumairo, Eny Lathifa (Unknown)
Nurhalizah, Selviana (Unknown)
Maharani, Ayu (Unknown)
Syavitri, Regina (Unknown)
Damayanti, Farah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan usaha UMKM Kang Cetak di Kota Samarinda berdasarkan aspek pemasaran, teknik dan teknologi, serta pasar konsumen dan produsen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek pemasaran, produk Kang Cetak beragam dan sesuai kebutuhan konsumen, namun promosi masih terbatas pada media sosial dan rekomendasi pelanggan. Dari sisi teknik dan teknologi, sarana produksi cukup memadai tetapi diperlukan peningkatan efisiensi ruang kerja serta digitalisasi proses bisnis. Dari aspek pasar, UMKM ini memiliki cakupan konsumen luas seperti pelajar, mahasiswa, dan lembaga, serta peluang pasar yang menjanjikan. Penelitian menyarankan agar Kang Cetak meningkatkan strategi pemasaran digital dan mengoptimalkan penggunaan teknologi agar lebih kompetitif di pasar layanan cetak digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JDB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Library & Information Science

Description

Jurnal Bisnis Digital J-BisDig adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bisnis Digital Fakultas Teknologi, Kesehatan dan Sains Universitas Muhammadiyah Muara Bungo Jambi. Jurnal ini terbit dua kali per tahun. J-BisDig membuka akses untuk semua artikel atau jurnal yang memiliki tema seputar ...