QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2025): 2025

Potensi dan Tantangan Anak Autis dalam Perspektif Pendidikan Inklusif di SLB Nur Rahmah

Miftakhul Jannah (Unknown)
Ratna Pangastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Autisme sering kali dianggap sebagai tantangan dalam masyarakat, namun pandangan ini perlu diubah. Anak-anak autis memiliki potensi unik yang dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitar, sehingga mereka seharusnya dipandang sebagai anugerah, bukan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang autisme dan mengedukasi masyarakat mengenai keunikan serta kemampuan anak autis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di SLB Nur Rahmah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak autis memiliki keahlian luar biasa dalam bidang tertentu, meskipun mereka mungkin menunjukkan perilaku yang berbeda dalam interaksi sosial dan bermain. Penting bagi keluarga dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang inklusif, di mana anak-anak autis dapat belajar dan berinteraksi sesuai dengan kebutuhan mereka. Meningkatkan kesadaran tentang potensi anak autis dapat membantu mengurangi stigma dan diskriminasi yang sering mereka hadapi, serta mendorong dukungan yang diperlukan untuk perkembangan mereka

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...