el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 8, No 1 (2025): el ibtidaiy

Peningkatan Karakter Sosial dan Budaya dalam Pembelajaran Etnopedagogi di Sekolah Dasar (Studi Penanaman Nilai Kewarganegaraan)

Marwan, Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada sekolah dasar bertujuan memberikan penguatan proses peningkatan dalam melihat penerapan sikap sosial dan budaya di lingkungan sekolah dasar. Adapaun sikap sosial budaya yang ditampilkan berupa sikap disiplin, jujur, tanggungjawab, percaya diri, santun, percaya diri dan peduli, dan terkhusus pada proses pembelajaran etnopedagogi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan. Bentuk tindakan yang dilakukan di dalam proses pembelajaran etnopedagogi. Adapaun data diperoleh melalui proses observasi dan dokumentasi yang dideskripsikan secara kualitatif. Analisis data direduksi, disajikan, dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dengan berbagai tindakan siklus yang menunjukkan karakter sosial budaya peserta didik mengalami peningkatan. Adapun perolehan hasil dapat dilihat dalam peningkatan karakter sosial dan budaya pada siklus I terlihat sebanyak 40% yang diperoleh dari 8 orang peserta didik, pada siklus II diperoleh data sebanyak 75% dari 15 orang peserta didik, kemudian pada siklus III diperoleh data sebanyak 85% dari 17 orang peserta didik. Dengan peningkatan data ini maka telah terjadi peningkatan karakter sosial dan budaya warga negara di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...