Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya inovasi berupa media pembelajaran yang tepat untuk proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran berbasis canva. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan desain pengembangan ADDIE. Dalam penelitian ini melibatkan 2 orang pakar yaitu dosen dan guru wali kelas untuk memvalidasi produk yaitu validasi media dan validasi materi. Sedangkan untuk menilai praktikalitas menggunakan instrumen praktikalitas media untuk melihat keefektifan media tersebut dengan melibatkan 20 orang siswa pada salah satu sekolah dasar di kota Pekanbaru. Data diambil dengan menggunakan pertemuan langsung dengan responden. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 26 secara deskriptif untuk menggambarkan hasil dari penilaian media tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah untuk instrumen validasi diketahui hasil validasi media (3,59%) berada pada kategori “layak” dan validasi materi (3,73%) berada pada kategori “layak” sedangkan untuk nilai pretest (69,25) dan postest (82,50). Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis canva pada materi bagian tubuh tumbuhan layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025