Tujuanl dari penelitianl ini ingin mengetahuil bagaimana kemampuan literasil matematika siswal XI SMA Muhammadiyah Bolo dalam perspektif gaya kognitif intuitif dan induktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Subjek yangl diteliti adalahl siswa kelasl XI SMAl yang terdirli dari 15 siswal yang bergayal kognitif intuitif danl induktif dengan menggunakanl tes Matchingl Familiar lFigure Test (MFFTl) Terdapat 13l soal berisil gambar yangl terdiri daril objek yangl berbeda. Setiapl item memilikil 8 variasil foto danl hanya satul foto yangl identik denganl foto lstandar. Dalam tesl ini, siswal harus memilihl dan menentukanl satu lgambar yang tersedial hinggal diperolehl hasil yangl tepat. Berdasarkan hasill penelitian danl wawancara, siswal dengan lkemampuan intuitif memikirkan secaral mendalam danl menyelidiki dalaml menyelesaikan lpermasalahan. Siswa denganl kemampuan kognitifl intuitif mampu menyelesaikanl soal denganl ketelitiannya danl dapat mengidentifikasil masalah denganl mengimbangi dalaml berbagai lsituasi. Berdasarkan hasill penelitian danl wawancara, siswal dengan gayal kognitif induktif ldapat menyelesaikan soall yang diberikanl dengan jawabanl yang cenderungl salah. Siswal dengan lkemampuan induktif ini cenderungl memiliki kecenderunganl untuk bertindakl tanpa berpikirl secara mendalaml atau mempertimbangkanl kosekuensi daril tindakan apal yang merekal ambil ataul lakukan. Hall tersebut yangl menyebabkan siswal kurang telitil dalam mengerjakanl suatu pekerjaanl sehingga jawabanl yang diberikanl itu cenderungl salah.
Copyrights © 2025