Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 10, No 1 (2025): Maret

Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas XI Sma Muhammadiyah Bolo Dalam Perspektif Gaya Kognitif Intuitif Induktif

Sari, Nila (Unknown)
Salahuddin, Muhammad (Unknown)
Juliawan, Rizcky (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Tujuanl dari penelitianl ini ingin mengetahuil bagaimana kemampuan literasil matematika siswal XI SMA Muhammadiyah Bolo dalam perspektif gaya kognitif intuitif dan induktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Subjek yangl diteliti adalahl siswa kelasl XI SMAl yang terdirli dari 15 siswal yang bergayal kognitif intuitif danl induktif dengan menggunakanl tes Matchingl Familiar lFigure Test (MFFTl) Terdapat 13l soal berisil gambar yangl terdiri daril objek yangl berbeda. Setiapl item memilikil 8 variasil foto danl hanya satul foto yangl identik denganl foto lstandar. Dalam tesl ini, siswal harus memilihl dan menentukanl satu lgambar yang tersedial hinggal diperolehl hasil yangl tepat. Berdasarkan hasill penelitian danl wawancara, siswal dengan lkemampuan intuitif memikirkan secaral mendalam danl menyelidiki dalaml menyelesaikan lpermasalahan. Siswa denganl kemampuan kognitifl intuitif mampu menyelesaikanl soal denganl ketelitiannya danl dapat mengidentifikasil masalah denganl mengimbangi dalaml berbagai lsituasi. Berdasarkan hasill penelitian danl wawancara, siswal dengan gayal kognitif induktif ldapat menyelesaikan soall yang diberikanl dengan jawabanl yang cenderungl salah. Siswal dengan lkemampuan induktif ini cenderungl memiliki kecenderunganl untuk bertindakl tanpa berpikirl secara mendalaml atau mempertimbangkanl kosekuensi daril tindakan apal yang merekal ambil ataul lakukan. Hall tersebut yangl menyebabkan siswal kurang telitil dalam mengerjakanl suatu pekerjaanl sehingga jawabanl yang diberikanl itu cenderungl salah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...