Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling
Vol 1, No 1 (2016)

EFEKTIVITAS TEKNIK PELATIHAN ASERTIF DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA

Feida Noorlaila Istiadah (Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung)
Rochman Natawidjaja (Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung)
Euis Farida (Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2016

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang kurang mampu mengungkapkan pendapatnya dalam diskusi dan cenderung diam apabila diberikan kesempatan untuk bertanya. Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik mengenai keefektifan teknik pelatihan asertif dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan secara umum komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori sedang dan teknik pelatihan asertif efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Kata kunci: teknik pelatihan asertif, komunikasi interpersonal

Copyrights © 2016