Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 8 No 3 (2024): Desember

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Nadia, Nadia (Unknown)
Yensy , Nurul Astuty (Unknown)
Utari, Tria (Unknown)
Maulidiya, Della (Unknown)
Stiadi, Elwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi garis dan sudut kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ialah kelas VII E yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes sebelum dan tes setelah Discovery Learning terkait kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh sebesar 44,70 dan 77,55, kemudian dilakukan uji paired t-test dan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 10,53 > 2,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...