Rumah sakit merupakan pelayanan kesehatan yang memberikan layanan komprehensif, dikelompokkan menjadi rumah sakit pemerintah dan swasta dengan salah satu layanan pendukung medis yaitu pelayanan gizi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kepuasan pelayanan makanan, sisa makanan dan sosial ekonomi pasien di rumah sakit pemerintah dan swasta. Penelitian menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross-sectional, dilakukan di RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo dan RSU Islam Klaten pada Bulan Oktober-November tahun 2024. Sampel penelitian dihitung menggunakan rumus Lemeshow dengan total 64 responden, berdasarkan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi yang ditetapkan. Instrumen penelitian mencakup kuesioner kepuasan pelayanan makanan (waktu makan, penampilan, rasa, kebersihan, keramahan pramusaji, dan variasi makanan), taksiran comstock, serta kuesioner sosial ekonomi (Pendidikan, pekerjaan dan pendapatan). Hasil penelitian dengan Uji Mann-Whitney menunjukan bahwa indikator kepuasan pelayanan makanan seperti waktu makan (p=0,387), penampilan (p=0,736), rasa (p=0,302), keramahan pramusaji (p=0,231), kebersihan alat dan makanan (p=0,378), variasi makanan (p=0,770), serta sisa makanan (p=0,081), tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan (p>0,05). Uji Chi-Square terhadap status pendidikan (p=1,000), pekerjaan (p=0,446), dan pendapatan (p=0,317) juga menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan. Kesimpulan, tidak terdapat perbedaan signifikan antara kepuasan pelayanan makanan, sisa makanan, dan sosial ekonomi pasien di rumah sakit pemerintah dan swasta.
Copyrights © 2025