Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 2 (2025): April

Pengembangan LKPD Menggunakan Model PjBL untuk Menumbuhkan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar

Kusumawati, Katarina Septiana (Unknown)
Purnomo, Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan LKPD yang berkualitas dan adanya kebutuhan LKPD dengan berfokus pada proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik guna menumbuhkan karakter gotong royong sesuai dengan perkembangan kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD model PjBL untuk menumbuhkan karakter gotong royong pada materi nilai Pancasila kelas IV SD dan untuk mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan. Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan tipe ADDIE. Dalam penelitian ini melibatkan 3 validator terdiri dari 1 kepala sekolah SD dan 2 guru kelas IV bersertifikasi sebagai expert judgment serta 28 peserta didik kelas IV SD sebagai subjek dalam uji coba produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) LKPD model PjBL untuk menumbuhkan karakter gotong royong pada materi nilai Pancasila kelas IV SD dikembangkan menggunakan 5 tahapan ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate. 2) Kualitas LKPD menggunakan model PjBL pada materi nilai Pancasila kelas IV SD memperoleh rata-rata skor validasi sebesar 3,83 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji coba menunjukkan bahwa LKPD efektif untuk menumbuhkan karakter gotong royong peserta didik dengan persentase sebesar 60,1% dan meningkatkan hasil belajar dengan tingkat efektifitas dalam kategori tinggi (N-Gain Score 0,77)

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...