SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah
Vol 7 No 1 (2025): SAUJANA : Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah

Pengaruh Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Experience Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Toko Busana Muslim Rindu Mode Watampone Kabupaten Bone)

Burhanuddin, Mutmainna (Unknown)
Farida, Ida (Unknown)
Kamiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Word of Mouth. (WOM) terhadap Purchase Intention melalui Customer Experience sebagai variabel intervening pada konsumen Toko Busana Muslim Rindu Mode, Watampone, Kabupaten Bone. Analisis jalur, atau path analysis, adalah metode kuantitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini. menggunakan software Smart PLS. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 120 responden, dan dianalisis menggunakan teknik statistik Smart PLS untuk menguji hubungan antar variable, Hasil penelitian menunjukkan bahwa Word of Mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Experience, yang selanjutnya berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Selain itu, Customer Experience juga memediasi pengaruh Word of Mouth terhadap Purchase Intention. Temuan ini mengindikasikan bahwa rekomendasi positif dari konsumen lain berperan penting dalam menciptakan pengalaman belanja yang baik, yang pada akhirnya meningkatkan niat pembelian pada konsumen. Penelitian ini menggunakan teori perilaku konsumsi Muslim, yang berfokus pada pengambilan keputusan konsumen yang dipengaruhi oleh nilai-nilai Islam, seperti kehalalan, kejujuran, dan kepercayaan dalam bertransaksi. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pemilik usaha, terutama di sektor ritel busana muslim untuk memanfaatkan Word of Mouth dan fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan guna meningkatkan loyalitas dan niat beli konsumen. Dengan memperhatikan pengalaman pelanggan yang berkualitas, bisnis dapat memperkuat daya saing dan membangun reputasi yang baik di pasar

Copyrights © 2025