Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol. 3 No. 3 (2025): Juni : Jurnal Pendidikan Berkarakter

PUZZLE ALFABET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EFEKTIF UNTUK MEMBANTU ANAK DISLEKSIA DALAM MENGENAL HURUF ALFABET

Sisca Dwi Febrianti (Unknown)
Nazlah Hilda Yanti (Unknown)
Achmad Kafil Umam (Unknown)
Hafifatul Jannah (Unknown)
Halimatus Sa’diyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia. Anak disleksia memiliki kesulitan dalam mengenali huruf dan kata, sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik dan efektif. Media puzzle huruf dipilih karena dapat membantu anak belajar secara multisensorik melalui permainan yang menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa disleksia di sekolah dasar inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle huruf secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia. Media ini tidak hanya memperbaiki pengenalan huruf, tetapi juga meningkatkan minat dan motivasi belajar anak. Kesimpulannya, media puzzle huruf merupakan alat yang efektif dalam proses pembelajaran membaca bagi anak disleksia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Pendekar

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences

Description

Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk sub rumpun Ilmu Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra, Olahraga dan Kesehatan, Matematika dan MIPA, Teknologi dan Kejuruaan, Ilmu Pendidikan dan ...