J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 14 No. 1 (2025): J+PLUS, Juni 2025

Pola Asuh Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Pos PAUD Terpadu Melati Pertiwi RW 01 Kecamatan Wiyung Kota Surabaya

Abdullah, Adinda (Unknown)
Yusuf, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua dan dampaknya terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di Pos PAUD Terpadu Melati Pertiwi RW 01 Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua yang bekerja dan tidak bekerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan bahasa anak. orang tua yang keduanya bekerja dominan menerapkan pola asuh otoriter  sedangkan pola asuh orang tua yang salah satunya tidak bekerja (ibu rumah tangga) dominan menerapkan pola asuh demokratis. Orang tua yang menerapkan pola demokratis dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini baik pada aspek fonetik, sintaksis, morfemik dan pragmatik.  Menerapkan pola asuh demokratis dengan komunikasi yang terbuka, mendengarkan anak dengan empati dan memberikan respon yang baik, tetap memberikan kesempatan dalam kebebasan bereskpresi dengan batasan dan arahan yang jelas dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...