JURNAL PENDIDIKAN PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Vol 7 No 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

OPTIMALISASI KOMPETENSI KADER IPPNU UNTUK PENGUATAN DAKWAH PENDIDIKAN DI TPQ ROUDLOTUT THOLIBIN

Sohiha, aiyida Indana (Unknown)
Fadilah, Zahra Amaliatun (Unknown)
Darmaningrum, Khaerunnisa Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Abstrak: Optimalisasi kompetensi kader perempuan IPPNU Ranting Rowolaku merupakan inisiatif strategis untuk memperkuat dakwah pendidikan Islam di tingkat akar rumput melalui upaya pemberdayaan yang terstruktur. Program ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan nyata antara semangat kader muda dalam berdakwah dengan keterbatasan penguasaan keterampilan pedagogis dan teknis mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan dampak pemberdayaan melalui pelatihan pedagogis serta praktik mengajar langsung di TPQ Roudlotut Tholibin. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan partisipatoris, yang memungkinkan kader terlibat aktif dalam setiap tahapan kegiatan. Tahapan program meliputi identifikasi kebutuhan, penyusunan modul pelatihan, pelaksanaan pelatihan di kelas, praktik mengajar dengan supervisi, serta evaluasi reflektif. Hasil penelitian menunjukkan adanya transformasi signifikan dalam tiga ranah utama: peningkatan pengetahuan pedagogis berbasis nilai-nilai Islam, penerapan teknik mengajar kontekstual dan berpusat pada peserta didik, serta penguatan sikap empatik, kritis, dan reflektif. Analisis didasarkan pada teori pendidikan kritis Paulo Freire, pendekatan humanistik Carl Rogers, teori komunikasi interpersonal, dan model Asset-Based Community Development (ABCD). Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis pengalaman dan sensitif terhadap konteks komunitas efektif membentuk kader IPPNU perempuan sebagai pendidik yang kompeten dan agen dakwah yang transformatif. Model pemberdayaan ini dapat direplikasi pada komunitas Islam berbasis pemuda dengan adaptasi kontekstual yang sesuai. Kata kunci: IPPNU, dakwah pendidikan, pemberdayaan perempuan, kompetensi kader Abstract: Optimizing the competencies of female IPPNU cadres in the Rowolaku Branch is a strategic initiative to strengthen Islamic educational da’wah at the grassroots level through a structured empowerment program. This initiative was motivated by the clear gap between the young cadres’ high enthusiasm for religious outreach and their limited mastery of pedagogical and teaching skills. The aim of this study is to describe both the process and the outcomes of empowerment through pedagogical training and direct teaching practice at TPQ Roudlotut Tholibin. A descriptive qualitative method was applied with a participatory approach, allowing cadres to be actively involved in every stage of the activity. The stages included needs identification, training module development, classroom-based training sessions, supervised teaching practice, and reflective evaluation. The results show significant transformation in three key areas: improved pedagogical knowledge rooted in Islamic values, the application of contextual and student-centered teaching techniques, and the development of empathic, critical, and reflective attitudes. The analysis refers to Paulo Freire’s critical pedagogy, Carl Rogers’ humanistic education, interpersonal communication theory, and the Asset-Based Community Development (ABCD) model. These findings suggest that experience-based and community-sensitive training is effective in shaping female IPPNU cadres as competent educators and transformative da’wah agents. This empowerment model can be replicated in youth-based Islamic communities with proper contextual adaptation. Keywords: IPPNU, educational da’wah, women empowerment, cadre competence

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp3m

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JP3M is a periodical scientific journal published by FKIP UICM containing articles of research studies (theories and applications) as well as reviews of literature about ...