Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dan kurang minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Hal tersebut menjadi permasalahan yang menghambat proses siswa dalam belajar, maka agar tercapanya proses belajar siswa yang meningkatkan berpikir kritis siswa, dapat diterapkan model dan media yang inovatif Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS kelas V SD menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal menggunakan media misteri amplop. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 petemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas V SD 1 Sadang. Teknik Pengumpulan data menggunakan obsrvasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata siklus I sebesar 57,21 dan siklus II sebesar 62 ketuntasan klasikal prasiklus sebesar 42%, siklus I sebesar 52%, dan siklus II sebesar 63%.Berdasarkan hasil penelitian dapat menyimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal media misteri amplop dalam pembelajaran IPAS kelas V SD 1 Sadang dapat meningkatkan kemampuan kritis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025