Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 23 No 1 (2025): Edukasi: Jurnal Pendidikan

HUBUNGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA AGAMA BUDDHA

Adyanti, Vita Ayu Retna (Unknown)
Kabri, Kabri (Unknown)
Budiyanto, Budiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Studi ini menganalisis korelasi antara hubungan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan perilaku belajar peserta didik beragama Buddha di SMPS Pelopor Mandau. Penelitian menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan melibatkan 29 responden sebagai subjek penelitian. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Proses analisis data menerapkan teknik regresi linier sederhana yang menghasilkan angka korelasi 0.787, mengindikasikan hubungan yang kuat antara variabel bebas (model TGT) dan variabel terikat (Perilaku belajar). Hasil analisis menunjukkan signifikansi statistik dengan nilai 0.000 (< taraf signifikansi 0.05), diperkuat oleh nilai t-statistik (6.631) yang lebih tinggi dibanding nilai t-tabel (2.052). Lebih lanjut, model TGT terbukti memberikan pengaruh sebesar 60.5% terhadap perubahan perilaku belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...