Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penguatan literasi digital dalam membangun karakter siswa berbasis teknologi humanistik di SMA Muhammadiyah Makassar. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif yang menggunakan kerangka studi kasus. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni kepala sekolah, guru (5), siswa (13) dan staf guru (2). Adapun teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memainkan peran penting dalam membentuk pengembangan karakter siswa. Implementasi teknologi humanistik di sekolah ini meliputi penggunaan media digital yang mendukung pembelajaran berbasis nilai-nilai moral dan etika, serta pengintegrasian teknologi dalam aktivitas keseharian siswa. Faktor-faktor pendukung penguatan literasi digital di antaranya adalah dukungan penuh dari pihak sekolah, ketersediaan sarana dan prasarana teknologi yang memadai, serta partisipasi aktif dari guru dan siswa.
Copyrights © 2025