Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kevalidan dan efektivitas bahan ajar IPAS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian menggunakan metode research and development dengan desain ADDIE terdiri dari 5 tahapan, yaitu 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Subjek penelitian berjumlah 20 peserta didik kelas VIA SD Aisyiyah Kota Sukabumi. Data dikumpulkan melalui wawancara, tes dan angket. Analisis data mencakup penilaian validitas dan efektivitas bahan ajar. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan rerata nilai yang sama yaitu 3,78 kategori “sangat valid”, dan penilaian oleh praktisi memperoleh rerata nilai 3,53 kategori sama. Hasil uji N-Gain berasal dari pretest dan post-test diperoleh nilai rerata 0,63 kriteria “sedang” menunjukkan bahwa bahan ajar efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Dengan demikian, bahan ajar IPAS berbasis SETS dengan pendekatan diferensiasi layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2025