Jurnal Pendidikan Guru Matematika
Vol 5, No 2 (2025): Mei

Pengaruh Collaborative Teamwork Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Belajar Peserta Didik

Pebrian, Syahid (Unknown)
Supratman, Supratman (Unknown)
Rustina, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meneliti pengaruh Collaborative Teamwork Learning terhadap kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menerapkan metode true experimental design dengan desain posttest-only control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMK YPC Tasikmalaya. Dengan sampel penelitian kelas X PPLG (eksperimen) dan X TO 3 (kontrol). Tes uraian dan angket digunakan sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t Independent Samples Test. Temuan dari analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning terhadap kemampuan penalaran matematis, (2) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning terhadap motivasi belajar peserta didik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Guru Matematika (JPGM) merupakan jurnal pada bidang pendidikan yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun. Jurnal ini menyediakan forum publikasi penelitian dalam pembelajaran matematika untuk seluruh jenjang pendidikan. Artikel-artikel yang ...