Jurnal Pendidikan Islam AL-ILMI
Vol. 8 No. 1 (2025)

Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ajaran Saminisme

Fina Qotrunnada Fuadiyah (Unknown)
Abdul Muhid (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Ajaran saminisme adalah ajaran yang dianut oleh masyarakat samin, dalam asumsi nilai-nilai pendidikan Islam dapat saling melengkapi dalam membentuk individu yang berkarakter dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk memahami dan mengidentifikasi nilai-nilai yang dapat diintegrasikan dari pendidikan Islam ke dalam ajaran Saminisme. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur dari berbagai sumber yang relevan, termasuk artikel dan jurnal, untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang kedua ajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai ini tersebut mendukung pembentukan karakter individu yang mampu menciptakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti ketaqwaan, akhlak yang baik, kesederhanaan, dan kepedulian sosial terdapat pada kedua ajaran. Nilai-nilai ini berkontribusi pada pembentukan karakter individu yang dapat menciptakan keharmonisan dalam kehidupan sosial. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa integrasi nilai-nilai pendidikan Islam ke dalam ajaran Saminisme tidak hanya memperkuat identitas budaya masyarakat Samin, tetapi juga meningkatkan kualitas kehidupan sosial mereka. Dengan penerapan nilai-nilai ini, masyarakat Samin dapat menghadapi tantangan zaman modern sambil tetap menjaga nilai-nilai luhur yang menjadi pegangan hidup mereka

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ilmi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI adalah jurnal Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Universitas Muhammadiyah Luwuk terbit berkala enam bulan sekali yaitu bulan Mei dan ...