Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kualitas dapat mempengaruhi kepuasan konsumen pada Store Watsons Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Store Watsons Medan yang berbelanja selama 3 bulan terakhir yang berjumlah 8000 dan sampel yang berjumlah 266 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan model skala likert, yaitu skala kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis dengan metode analisis regresi sederhana, diketahui bahwa ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) 0,842 dengan p = 0,000 0,05, artinya ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 84,2%, sedangkan yakni sisanya 15,8% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Hasil analisis data mean hipotetik dan mean empirik dengan dibuktikan dari kurva normal kualitas pelayanan dapat terlihat kualitas pelayanan tinggi dimana mean hipotetik (80) (108,68) dan selisihnya melebihi nilai bilangan satu SD (108,68). Untuk kurva normal variabel kepuasan konsumen terlihat bahwa kepuasan konsumen juga tergolong tinggi dimana nilai mean hipotetik (90) men empirik (121,14) selisihnya melebihi nilai bilangan satu SD (12,178).
Copyrights © 2025