Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kesadaran terhadap bullying sosial di kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Cirebon. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari lima siswa kelas VIII yang dipilih secara purposive karena pernah terlibat dalam situasi bullying sosial, baik sebagai pelaku, korban, maupun saksi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan kuesioner sebelum dan sesudah layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan pemahaman siswa mengenai bentuk dan dampak bullying sosial, serta mendorong perubahan sikap ke arah yang lebih empatik dan inklusif. Skor rata-rata kesadaran siswa meningkat sebesar 14,6 poin setelah mengikuti enam sesi bimbingan kelompok. Selain peningkatan secara kognitif, siswa juga menunjukkan inisiatif positif dalam menciptakan lingkungan sosial yang sehat di kelas. Temuan ini mengindikasikan bahwa bimbingan kelompok efektif sebagai strategi preventif untuk mengurangi perilaku bullying melalui pendekatan kesadaran sosial. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru Bimbingan dan Konseling serta sekolah dalam merancang layanan yang lebih kontekstual dan berbasis pengalaman siswa.
Copyrights © 2025