Perilaku konsumtif dalam pembelian produk kosmetik semakin umum terjadi dikalangan wanita dewasa awal. Hal ini dipicu oleh kesadaran akan penampilan fisik yang menarik serta keinginan untuk memenuhi standar kecantikan sosial mendorong individu melakukan pembelian secara impulsive dan tidak rasional. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh body image dan fear of missing out (FoMO) terhadap perilaku konsumtif pembelian produk kosmetik. Metode kuantitatif digunakan dengan sampel 385 wanita dewasa awal di Kabupaten Karawang, dipilih melalui convenience sampling. Instrumen meliputi skala perilaku konsumtif, Multidimensional Body-Self Relations Questionnaire (MBSRQ-AS), dan Fear of Missing Out Scale (FoMOs). Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial body image berpengaruh negatif dan signifikan, FoMO berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Artinya, semakin rendah body image dan semakin tinggi fear of missing out maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif pembelian produk kosmetik pada wanita dewasa awal. Temuan ini mengkonfirmasi bahwa body image dan fear of missing out secara bersama-sama dapat memprediksi perilaku konsumtif secara signifikan dengan konstribusi sebesar 76,2%.
Copyrights © 2025