Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2025): April

Pengaruh Tingkat, Kekuatan, dan Generalitas dalam Efikasi Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMPN 2 Labakkang

Nasrullah, Nasrullah (Unknown)
Rida Hikmah Ramadhani S (Unknown)
Minggi, Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat, kekuatan, dan generalitas dalam efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX SMPN 2 Labakkang. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Labakkang, Kabupaten Pangkajene tahun ajaran 2024/2025, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas IX dengan memilih 64 siswa menjadi sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data diperoleh melalui instrumen yaitu angket tingkat efikasi diri, kekuatan efikasi diri, generalitas efikasi diri dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat, kekuatan, dan generalitas dalam efikasi diri siswa berada pada kategori rendah, sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berada pada kategori sedang; (2) tingkat efikasi diri mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (3) kekuatan efikasi diri mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; (4) generalitas efikasi diri mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika; dan (5) tingkat, kekuatan, dan generalitas dalam efikasi diri secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

hexagon_jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika a peer-reviewed journal, provides a forum for publishing original research articles, review articles from contributors, and novel technology news related to mathematics education. This journal is designed to facilitate lecturers, researchers, ...