Penelitian ini berfokus pada peran pembelajaran Al-Qur'an dalam meningkatkan kemampuan literasi agama siswa di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Masalah umum yang diangkat adalah tantangan dalam pengajaran Al-Qur'an yang seringkali hanya berfokus pada aspek hafalan, tanpa memperhatikan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran Al-Qur'an dapat meningkatkan literasi agama siswa, serta mengidentifikasi metode-metode pembelajaran yang efektif dalam konteks pendidikan dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dari berbagai literatur yang relevan, baik dari jurnal, buku, maupun artikel ilmiah yang membahas pembelajaran Al-Qur'an dan literasi agama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yang memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait dengan pembelajaran Al-Qur'an dan peningkatan literasi agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur'an yang berbasis pemahaman tafsir, kontekstual, dan interaktif dapat secara signifikan meningkatkan literasi agama siswa. Pembelajaran Al-Qur'an yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari siswa juga berkontribusi dalam memperkuat penghayatan terhadap ajaran agama. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya mengembangkan metode pembelajaran yang lebih kontekstual dan aplikatif untuk meningkatkan literasi agama di SD dan MI, guna mencapai pendidikan yang lebih holistik dan mendalam bagi siswa.
Copyrights © 2023