Tujuan utama penelitian ini yaitu berpusat pada pemahaman siswa melalui pembelajaran papan waktu untuk mendeskripsikan kemampuan siswa tingkat tinggi, sedang dan tingkat rendah dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Peneliti membuat suatu media dimana berfungsi untuk menganalisis kemampuan siswa dalam mengerjakan persoalan. Berdasarkan hasil tes, wawancara dan observasi di temukan bahwa pada tingkat kemampuan tinggi siswa dapat dengan mudah mengaplikasikan media belajar papan waktu tanpa bimbingan dari fasilitator, pada subjek dengan tingkat sedang sesekali masih memerlukan arahan dari fasilitator, sedangkan pada pemahaman tingkat rendah masih memerlukan bimbingan untuk penggunaan media belajar papan waktu. Kesimpulannya adalah pada subjek kemampuan tingkat rendah belum menguasai materi dan memahami persoalan yang dibahas serta memerlukan bimbingan dari fasilitator, sedangkan pada subjek kemampuan tingkat tinggi dapat menjabarkan konsep yang sedang dibahas dan menyelesaikan pesoalan dengan baik. Pada subjek tingkat sedang belum sepenuhnya memahami namun mampu menjelaskan cara penyelesaian dengan baik.
Copyrights © 2025