Cakrawala
Vol 4, No 1 (2025)

Penerapan model Community of Inquiry (CoI) untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran matematika daring

Arwadi, Fajar Arwadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran matematika daring melalui penerapan model Community of Inquiry (CoI). Model CoI menekankan tiga dimensi utama, yaitu presensi kognitif, sosial, dan pengajaran, yang diukur melalui metode survei menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika dengan responden sebanyak 60 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata presensi kognitif dan sosial berada pada kategori tinggi, sedangkan presensi pengajaran pada kategori sangat tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa model CoI efektif dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa pada pembelajaran matematika secara daring.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics

Description

CAKRAWALA Jurnal Ilmiah Bidang Sains merupakah wahana komunikasi ilmiah di bidang Sains yang mencakup lintas bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi dan Pendidikan ...