Penelitian bertujuan untuk mengembangkan produk buku ensiklopedia tumbuhan berbasis digital yang layak dan efektif sebagai media belajar materi “tumbuhan hijau” untuk siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), tipe ADDIE dengan tahapan: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Penelitian dilaksanakan bulan Januari - Agustus 2023. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di SDIT Samawi, Bantul, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian berupa produk buku ensiklopedia tumbuhan berbasis digital yang layak dan efektif digunakan sebagai media belajar untuk siswa sekolah dasar. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh persentase skor rata-rata sebanyak 94.94% dengan nilai A “sangat baik” dan kategori “sangat layak”. Hasil uji coba buku ensiklopedia tumbuhan berbasis digital sebagai media belajar untuk siswa sekolah dasar dinyatakan efektif dengan perolehan skor persentase sebesar 86% kategori “sangat layak”.
Copyrights © 2025