Cakrawala
Vol 4, No 1 (2025)

Studi deskriptif terhadap produk media manipulatif mahasiswa dan relevansinya terhadap konsep matematika

Samosir, Rosauli Novalina (Unknown)
Ermita, Ermita (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik media manipulatif buatan mahasiswa calon guru matematika, kesesuaian media terhadap konsep matematika, serta tanggapan mahasiswa terhadap proses perancangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan tujuh kelompok mahasiswa yang merancang berbagai media sesuai topik matematika tertentu. Data dikumpulkan melalui dokumentasi media, catatan observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dibuat menunjukkan keberagaman bentuk dan kreativitas, meskipun belum semuanya sesuai dengan esensi konsep matematika yang dituju. Proses perancangan juga memberikan pengalaman reflektif yang bermakna bagi mahasiswa dalam memahami keterkaitan antara teori dan praktik pembelajaran. Kesimpulannya, kegiatan perancangan media manipulatif mendorong keterlibatan aktif mahasiswa dalam pembelajaran dan memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai bagian dari pembelajaran profesi guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics

Description

CAKRAWALA Jurnal Ilmiah Bidang Sains merupakah wahana komunikasi ilmiah di bidang Sains yang mencakup lintas bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi dan Pendidikan ...