Masalah penelitian yang dihadapi adalah penurunan kinerja auditor selama enam bulan sehingga penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja auditor melalui pelatihan di Kantor Akuntan Publik (KAP) XYZ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan. Penelitian tindakan pada penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Populasi penelitian ini adalah 30 auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) XYZ. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adlaah lembar observasi kinerja yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pada siklus pertama belum berhasil meningkatkan kinerja auditor secara signifikan. Namun, setelah materi pelatihan disesuaikan menjadi lebih praktis dan aplikatif pada siklus kedua, terjadi peningkatan yang signifikan dengan rata-rata nilai kinerja mencapai 67, melampaui indikator keberhasilan sebesar 60. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Kantor Akuntan Publik (KAP) XYZ secara berkala menyelenggarakan pelatihan berbasis kasus nyata, menyesuaikan materi pelatihan dengan kebutuhan auditor, serta melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap efektivitas pelatihan.
Copyrights © 2024