Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2025): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Desain Pembelajaran dengan Pemanfaatan Augmented Reality untuk Penguatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Materi Ruang Tiga Dimensi

Monika, Sintia (Unknown)
Putri, Agustiany Dumeva (Unknown)
Zahra, Atika (Unknown)
Agustiani, Riza (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar tentang dimensi tiga dalam materi sudut dengan tujuan meningkatkan kemampuan literasi numerasi di kelas XII Madrasah Aliyah. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan teknologi augmented reality dalam konteks ruang kelas. Metode penelitian yang diterapkan adalah design research (DR), yang terdiri dari tiga tahap: Tahap pertama preparing of experiments, tahap kedua design experiment, dan tahap ketiga retrospective analysis. Tahapan preparing of experiments menghasilkan  hipotesis aktivitas pembelajaran berupa Hyphotetical Learning Trajectory (HLT), tahap  design experiment menghasilkan gambaran tentang bagaiamana aktivitas pembelajaran di kelas atau Actual Learning Trajectory (ALT), sedangkan melalui tahap retrospective analysis didapat teori berupa Local Instruction Theory (LIT). Desain pembelajaran mencakup tiga aktivitas yang memanfaatkan teknologi augmented reality di ruang kelas, membantu siswa berinteraksi dengan menampilkan ruang kelas dalam bentuk augmented reality untuk membantu pemahaman konsep sudut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa juga memberikan respon yang sesuai dengan konjektur berpikir siswa yang telah diduga pada HLT, sehingga hal ini dapat menunjukkan bahwa HLT yang telah peneliti rancang berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Analisis lembar aktivitas siswa dan tes akhir menunjukkan bahwa kemampuan literasi yang cukup baik dengan capaian maksimal di 2 dari 3 indikator literasi numerasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...