Produk Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis aktivitas numerasi yang dikembangkan dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Serang. Instrumen penelitian dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Uji validitas dilakukan oleh tiga orang pakar materi dan dua orang pakar media, sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan siswa selaku pengguna E-LKPD. Untuk menganalisis disposisi kemampuan berpikir reflektif matematis, digunakan instrumen berupa angket disposisi. Uji efektivitas bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa melalui perhitungan n-gain, yang diperoleh dari perbandingan nilai sebelum dan sesudah siswa mengerjakan E-LKPD. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa produk dinilai valid dengan persentase sebesar 76% oleh pakar materi dan 84% oleh pakar media. Uji kepraktisan menghasilkan rata-rata persentase sebesar 80%, yang termasuk dalam kategori praktis. Analisis disposisi kemampuan berpikir reflektif matematis menunjukkan persentase sebesar 71%, yang termasuk dalam kategori baik. Sementara itu, uji efektivitas menggunakan n-gain menghasilkan skor 0.57 atau setara dengan 57%, yang berada dalam kategori cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik SMA.
Copyrights © 2025