Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 3, No 5 (2025): Volume 3, Nomor 5, June 2025

Penerapan Media Pembelajaran Video Edukatif Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Pelajaran PKn di SDN 182 Pekanbaru

Lannuria, Lannuria (Unknown)
Salman, Salman (Unknown)
Sakban, Sakban (Unknown)
Septa, Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Pada era globalisasi saat ini kemajuan teknologi telah memasuki berbagai bidang misalnya dalam kehidupan sehari-hari teknologi saat ini dapat kita gunakan, seperti ponsel, televisi, laptop dll. Tujuannya untuk mempermudah keperluan kita dalam berbagai hal. Namun semakin berkembangnya zaman, karakter seorang peserta didik akan semakin sulit dibentuk. Padahal pembentukan karakter pada anak sangat penting, karena karakter merupakan pondasi utama bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Media Pembelajaran Video Edukatif Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di SDN 182 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 4 SDN 182 Pekanbaru yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran video edukatif dapat meningkatkan karakter siswa, terutama dalam hal disiplin dan bekerjasama. Rata-rata nilai karakter siswa meningkat dari 28,9 menjadi 42,1 setelah tindakan. Jumlah siswa yang berada pada kategori “Sangat Baik” meningkat secara signifikan dari 0 menjadi 13 siswa, sementara yang berada dalam kategori “Cukup” menurun menjadi 0 siswa setelah tindakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa video edukatif dapat menyampaikan pesan moral secara visual dan kontekstual, sehingga siswa lebih mudah memahami dan meneladani nilai-nilai karakter yang ditampilkan.

Copyrights © 2025