Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi guru di UPT SPF SD Inpres Toddopuli I, upaya guru terhadap hasil belajar siswa di UPT SPF Inpres Toddopuli I, motivasi siswa terhadap hasil belajar di UPT SPF Inpres Toddopuli I. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yakni penelitian yang berupaya memberikan gambaran tentang keadaan yang terjadi di lokasi U UPT SPF SD Inpres Toddopuli I beradarkan pada kondisi ilmiah objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan UPT SPF SD Inpres Toddopuli I melibatkan empat dimensi utama: kompetensi pedagogic, kompetensi professional, kompetensi social dan kompetensi pribadi guru. Adapun upaya yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan strategi ekspositori, strategi inkuiri dan strategi afektif. Guru di UPT SPF SD Inpres Toddopuli I memahami kompleksitas motivasi sebagai dorongan internal dan eksternal, dan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pertumbuhan motivasi siswa. motivasi menjadi pilar penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan berdaya dorong. Pemberian motivasi dianggap sebagai upaya berkelanjutan untuk membentuk karakter dan ketekunan siswa, sehingga mereka dapat mencapai hasil belajar terbaiknya dalam perjalanan pendidikan mereka. Dengan demikian dapat disimpulkan upaya guru terhadap motivasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. This study aims to determine the competence of teachers at UPT SPF SD Inpres Toddopuli I, teacher efforts on student learning outcomes at UPT SPF Inpres Toddopuli I, student motivation towards learning outcomes at UPT SPF Inpres Toddopuli I. The type of research used in this study is descriptive qualitative research, which is research that seeks to provide an overview of the conditions that occur at the location of U UPT SPF SD Inpres Toddopuli I based on the scientific condition of the object research. The results showed that UPT SPF SD Inpres Toddopuli I involved four main dimensions: pedagogic competence, professional competence, social competence and personal competence of teachers. The efforts used by teachers in improving student learning outcomes by using expository strategies, inquiry strategies and affective strategies. Teachers at UPT SPF SD Inpres Toddopuli I understand the complexity of motivation as an internal and external drive, and are committed to creating a learning environment that supports the growth of student motivation. Motivation is an important pillar in creating a dynamic and encouraging learning environment. Providing motivation is considered as an ongoing effort to shape the character and perseverance of students, so that they can achieve their best learning outcomes in their educational journey. Thus, it can be concluded that teachers' efforts on motivation can improve student learning outcomes.
Copyrights © 2025