Bosowa Journal of Education
Vol 5 No 2 (2025): Bosowa Journal of Education, Juni 2025

Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong Berbasis Pengalaman Di UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng

Yusuf, Muh (Unknown)
Muhammadiah, Mas'ud (Unknown)
Burhan, Burhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menggambarkan implementasi pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Gotong Royong di UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng, Untuk menggambarkan faktor-faktor yang menjadi hambatan pelaksanaan implementasi pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Gotong Royong di Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menentukan sumber data menggunakan teknik snowball sampling. Penelitian ini mengambil subjek sumber datanya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa UPT SPF UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng. Peneliti menggunakan alat bantu pedoman observasi dan wawancara untuk memudahkan mendapatkan data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Implementasi pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Gotong Royong di Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng melalui : a) Pengembangan kurikulum sekolah, meliputi program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah, b) Pengembangan proses pembelajaran, meliputi pengembangan proses pembelajaran kelas, sekolah dan luar sekolah, c) Pengembangan kesehatan sekolah, meliputi pemeliharaan ruang dan bangunan, pencahayaan dan ventilasi udara di ruang kelas, danĀ  fasilitas sanitasi sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan implementasi pendidikan karakter Peduli Lingkungan dan Gotong Royong di Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa rendahnya pemahaman siswa mengenai kebersihan lingkungan. Sedangkan faktor eksternal yakni, fasilitas kurang memadai serta ketidaktegasan aturan yang dibuat oleh pihak sekolah. This study aims to describe the implementation of Caring for the Environment and Gotong Royong Character education at UPT SPF Bulurokeng State Elementary School, to describe the factors that become obstacles to the implementation of Caring for the Environment and Gotong Royong Character education at Bulurokeng State Elementary School. The research method used is descriptive with a qualitative approach. Researchers determine data sources using snowball sampling techniques. This research took the subject of the data source is the principal, teachers, and students of UPT SPF UPT SPF Bulurokeng State Elementary School. Researchers used observation and interview guidelines to make it easier to get data that suits the research needs. After conducting the research, the researcher concluded that the Implementation of Environmental Care and Gotong Royong Character education at Bulurokeng State Elementary School through: a) Development of the school curriculum, including self-development programs, integration in subjects, and school culture, b) Development of the learning process, including the development of classroom, school and out-of-school learning processes, c) Development of school health, including maintenance of space and buildings, lighting and air ventilation in classrooms, and school sanitation facilities. Factors influencing the implementation of the implementation of environmental care and mutual cooperation character education at Bulurokeng State Elementary School are influenced by internal and external factors. Internal factors include students' low understanding of environmental hygiene. While external factors, namely, inadequate facilities and the lack of assertiveness of the rules made by the school.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...