Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh penggunaan model pembelajaran Bamboo Dancing terhadap hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Layang III Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pre-eksperimental design, spesifiknya One-Group pre-test post-test design. Metode ini dilakukan dengan adanya pre-test sebelum perlakuan dan post-test setelah melakukan perlakuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Bamboo Dancing terhadap hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis t-test paired dengan menggunakan SPSS 26 for Windows. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pre-test dengan nilai post-test pada hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa. Setelah menggunakan model pembelajaran bamboo dancing. hal ini dapat terlihat bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai dari pre-test ke post-test. Rata-rata nilai pre-test siswa adalah 64.0476, sedangkan rata-rata nilai post-test siswa meningkat menjadi 76.4286. Kesimpulannya, penggunaan model pembelajaran Bamboo Dancing berpengeruh positif terhadap hasil belajar keterampilan berbicara pada siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Layang III Kota Makassar. Dengan demikian, model pembelajaran Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa. The purpose of this study was to examine the effect of using Bamboo Dancing learning model on the learning outcomes of speaking skills in grade 4 UPT SPF SD Inpres Layang Makassar City. This research is experimental research using pre-experimental design, the specification is one-group pre-test post-test design. This method is carried out with a pre-test before treatment and post-test after treatment to determine the effect of using the Bamboo Dancing learning model on the learning outcomes of speaking skills in students. Data analysis techniques include prerequisite tests (normality and homogeneity) and paired t-test hypothesis testing using SPSS 26 for windows. The results of the analysis showed a significant difference between the pre-test and post-test scores on the learning outcomes of students speaking skills. After using the Bamboo Dancing learning model. It can bee seen that the increase in the average score from pre-test to post-test. The average student pre-test score was 64,0476, while thw average student’s post-test score increased to 76.4286. in conclusion, the use of the Bamboo Dancing learning model has a positive effect on the learning outcomes of speaking skills in class 4 UPT SPF SD Inpres Layang III. Thus the Bamboo Dancing learning model can improve the learning outcomes of speaking skills in students.
Copyrights © 2025