Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan tahapan implementasi profil pelajar pancasila pada konsep merdeka belajar di UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus yang dilakukan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: teknik observasi, teknik wawancara, serta studi dokumen. Adapun analisis data pada pendekatan kualitatif dilakukan dengan interaktif dengan menggunakan model Miles and Huberman dalam menganalisis datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi profil pelajar pancasila pada konsep merdeka belajar yaitu berdasarkan uraian hasil menyimpulan bahwa Implementasi profil pelajar pancasila telah dilaksanakan dan diimplementasikan dengan baik sesuai dengan konsep merdeka belajar melalui media pembelajaran dan budaya serta kegiatan sekolah. Tahap-tahap Implementasi profil pelajar pancasila pada konsep merdeka belajar yaitu bahwa tahap-tahap implementasi dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen serta berdasarkan dimensi, elemen dan subelemen pada implementasi profil pelajar pancasila pada konsep merdeka belajar kurikulum merdeka dapat disimpulkan bahwa di UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar sebagai sekolah penggerak telah melaksanakan implementasi profil pelajar pancasila. This study aims to describe the implementation and stages of implementing the Pancasila student profile on the concept of independent learning at UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Makassar City. The type of research that researchers use in this research is a case study conducted in the Even Semester of the 2023/2024 Academic Year. Data collection techniques in this study are: observation techniques, interview techniques, and document studies. The data analysis in the qualitative approach is carried out interactively using the Miles and Huberman model in analyzing the data. The results showed that the implementation of the Pancasila student profile on the concept of independent learning, namely based on the description of the results, concluded that the implementation of the Pancasila student profile has been carried out and implemented properly in accordance with the concept of independent learning through learning media and school culture and activities. The stages of implementing the Pancasila student profile on the concept of independent learning, namely that the stages of implementation are carried out using interview, observation, and document study techniques and based on the dimensions, elements and subelements on the implementation of the Pancasila student profile on the concept of independent learning, the independent curriculum can be concluded that at UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Makassar City as a driving school has implemented the implementation of the Pancasila student profile.
Copyrights © 2025