Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad
Vol 10, No 1 (2025): Volume 10 No 1, Juni 2025

FAKTOR FAKTOR MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS PORANG (Amorphophallus muelleri) DI KOTA MEDAN (STUDI KASUS: BRASTAGI SUPERMARKET, GATOT SUBROTO)

Saragih, Gelael Pranata (Unknown)
Ilvira, Rika Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen yang melakukan pembelian beras porang dan menganalisis faktor faktor mempengaruhi keputusan pembelian beras porang di Brastagi Supermarket Gatot Subroto. Penelitian ini dilakukan di Brastagi Supermarket pada bulan Oktober-November 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian beras porang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Accidental sampling Jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 40 responden Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kusioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden pada penelitian ini didominasi oleh perempuan, mayoritas berusia 50-59 tahun, pekerjaan Pegawai Negeri/BUMN dengan tingkat pendapatan Rp.3.000.000-Rp.3.900.000. Frekuensi pembelian beras porang 2 kali dalam sebulan. Beras porang yang sering dibeli adalah Brand Fukumi. Faktor faktor mempengaruhi keputusan pembelian beras porang adalah kualitas produk dan lokasi.Kata Kunci: Keputusan pembelian, beras porang, kualitas produk, harga.AbstractThis research aimed to describe the characteristics of consumers who purchased porang rice and analyze the factors influencing the purchasing decisions of porang rice at Brastagi Supermarket Gatot Subroto. The research was conducted at Brastagi Supermarket in October–November 2024. The population consisted of consumers who purchased porang rice. The sampling method used was accidental sampling, with a total of 40 respondents. Data were collected through questionnaires. The analysis method used was multiple linear regression with SPSS 26 software. The results showed that the respondents were mostly female, aged 50–59 years, working as civil servants or employees of state-owned enterprises, with incomes ranging from Rp.3,000,000 to Rp.3,900,000. The purchase frequency of porang rice was twice a month. The most frequently purchased brand was Fukumi. The factors influencing purchasing decisions were product quality and location.Keywords: Purchase decision, porang rice, product quality, price.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

agricore

Publisher

Subject

Description

Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Padjadjaran. Diterbitkan Atas Kerjasama Program Studi Agribisnis dan Departemen Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Unpad Dengan PERHEPI Komisariat Bandung ...