Representasi Gambar adalah keterampilan menterjemahkan permasalahan matematis kedalam bentuk gambar atau grafik. Geogebra adalah software interaktif yang mampu mendukung siswa dalam mengerti ide-ide geometri, aljabar, dan kalkulus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Geogebra terhadap kemampuan representasi gambar siswa. Penelitian dilakukan di SMA Taman Mulia Kubu Raya Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang diterapakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan 42 siswa sebagai sampel penelitian. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji-t independent sampel T test tidak berpasangan diperoleh bahwa nilai p-vaule sebesar <0,001. Hal ini menunjukkan nilai p-vaule (<0,001) < 0,05 maka ????0 ditolak dan ????1 diterima yang berarti terdapat perbedaaan yang signifikan kemampuan representasi gambar antar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulan media pembelajaran geogebra berpengaruh terhadap kemampuan representasi gambar siswa
Copyrights © 2025