EDUKASI
Vol 23, No 1 (2025): EDISI MEI 2025

Pengaruh Model Pjbl Berpendekatan STEAM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN 1 Halmahera Barat

Sjamsudin, Salma (Unknown)
Hasan, Said (Unknown)
Tolangara, Abdulrasyid (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Model pembelajaran Project based learning (PJBL) merupakan sebuah model pembelajaran diarahkan untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pendekatan STEAM merupakan kolaborasi yang serasi dari empat disiplin ilmu Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics yang ada dalam suatu pembelajaran berkaitan dengan penyelesaian masalah di kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PJBL berpendekatan STEAM terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X1 dan X4 pada materi inovasi teknologi biologi di SMAN 1 Halmahera Barat. Metode penelitian yang digunakan ialah Quasy Eksperimental. Desain Quasy Eksperimental yang digunakan adalah (Randomized Group Pretes-Posttest Design), pada desain ini kelas eksperimen dengan pembelajaran Biologi yang menggunakan model pembelajaran PjBL berpendekatan STEAM dan pengruhnya terhadap hasil belajar kognitif. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Halmahera Barat pada bulan Oktober sampai November 2024 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi dalam peneitian ini adalah peserta didik kelas X1 dan kelas X4, dengan jumlah  pada masing-masing kelas adalah 41 orang, maka sampel dalam penelitian ini adalah sampel populasi yang berjumlah 82 orang. Teknik pengumpulan data dimana guru menyusun modul ajar, LKPD, soal preeteset dan postest, kemudian sebelum pembelajaran dimulai guru memberikan soal preetest untuk dikerjakan oleh peserta didik pada kelas X1 dan X4. Setelah itu guru mengajarkan materi inovasi biologi teknologi dengan menggunakan model PJBL berpendekatan STEAM pada kelas X1 dan pada kelas X4 guru mengajarkan materi yang sama dengan menggunakan model PJBL saja. Kemudian guru memberikan soal postest untuk dikerjakan peserta didik. Hasil preetest dan posttest ini kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis, hasil analisis disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PJBL berpendekatan STEAM berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif Peserta Didik SMAN 1 Halmahera Barat pada materi inovasi teknologi biologi, dengan nilai signifikansi (Sig.) 0.010 lebih kecil dari α=0.05.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam ...