Kualitas layanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit tidak hanya ditentukan oleh fasilitas dan infrastruktur, tetapi juga oleh motivasi dan perilaku pegawai di dalamnya. Public Service Motivation (PSM) dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) menjadi faktor penting dalam kinerja pegawai rumah sakit, di mana PSM mendorong pegawai untuk melayani publik dengan penuh dedikasi, sementara OCB mencakup perilaku sukarela yang dapat meningkatkan iklim kerja dan kolaborasi. Penelitian bertujuan untuk mengkaji pengaruh PSM terhadap kinerja pegawai rumah sakit, dengan mempertimbangkan peran OCB sebagai mediator. Studi ini ingin mengukur sejauh mana PSM memengaruhi kinerja, dan apakah OCB memediasi hubungan antara PSM dan kinerja. Metode kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan studi cross-sectional dengan pengumpulan data melalui kuisioner. Analisis statistik yang digunakan regresi linier untuk menguji hubungan langsung antara PSM dan kinerja serta mediasi OCB dalam hubungan ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024