Bima Loka: Journal of Physical Education
Vol 5 No 1 (2024): November

Pengembangan media tic tac toe untuk pembelajaran lari estafet yang lebih menarik dan memotivasi

Prakoso, Rohman Ardiansyah (Unknown)
Kurniawan, Ari Wibowo (Unknown)
Slamet, Mudji (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan tic tac toe sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran atletik lari estafet. Motivasi belajar yang rendah sering kali mengakibatkan kurangnya keterlibatan siswa, terutama pada materi atletik yang dianggap monoton dan teknis. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran bagi siswa kelas VIII SMPN 2 Malang, melibatkan analisis kebutuhan, desain media, uji validasi, dan pengumpulan data melalui kuesioner, serta menganalisis data secara deskriptif menggunakan skala Likert yang dikonversikan ke persentase. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mendapatkan penilaian yang sangat baik dari ahli materi, media, dan atletik, dengan persentase kelayakan masing-masing sebesar 91,07%, 95,45%, dan 90%. Selain itu, uji coba kelompok yang melibatkan 56 responden menunjukkan hasil persentase 84,31%, yang juga dikategorikan sebagai "Sangat Layak". Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan media tic tac toe dalam pembelajaran lari estafet terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bimaloka

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences Other

Description

Bima Loka: Journal of Physical Education merupakan jurnal yang berisi tentang artikel dalam keilmuan Pendidikan Jasmani yang terbit pada bulan November dan April oleh Prodi Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi FIO Unesa. Bima Loka: Journal of Physical Education menerima artikel yang membahas ...