Journal Pesona Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2025): JPI 2025

Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Media Interaktif Word Wall Siswa Kelas IV SDN Inpres Kowo

Syafruddin, Syafruddin (Unknown)
Jannah, Miftahul (Unknown)
Jahara, Aulia (Unknown)
Aulia, Kaila Dwi (Unknown)
Wijaya, Resti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Inpres Kowo dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakan media pembelajaran interaktif bernama Word Wall. Latar belakangnya adalah karena banyak siswa merasa pelajaran IPS membosankan dan sulit dipahami karena disampaikan dengan cara yang monoton. Penelitian dilakukan dengan metode tindakan kelas (PTK) selama dua siklus, melibatkan 25 siswa sebagai peserta. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan catatan kegiatan belajar. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan Word Wall membuat siswa lebih mudah memahami materi, lebih aktif di kelas, dan lebih banyak yang mencapai nilai minimal yang ditentukan. Dengan kata lain, Word Wall terbukti efektif untuk membantu siswa belajar IPS dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pesona

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pesona Indonesia (JPI), diterbitkan oleh Institut Teknologi Pendidikan Indonesia E-ISSN: 3064 - 6448, adalah jurnal multidisiplin yang menjadi platform bagi peneliti dan akademisi untuk mempublikasikan hasil penelitian orisinal, ulasan ilmiah baru, dan analisis mendalam yang relevan secara ...