Journal Pesona Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2025): JPI 2025

Pengaruh model PJBL untuk Meningkatkan Kemampuan BerpikirKritis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Nuris, Nuris (Unknown)
Mar'ah, Mar'ah (Unknown)
Rahmania, Rahmania (Unknown)
Kurnia, Kurnia (Unknown)
Ihlas, Ihlas (Unknown)
Syafruddin, Syafruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model Project Based Learning (PJBL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SD kelas 4. PJBL merupakan model pembelajaran yang menekankan aktivitas belajar berbasis proyek nyata, yang dapat mendorong siswa untuk mengeksplorasi, menalar, dan membuat keputusan secara mandiri maupun kelompok. Penelitian ini menggunakan metode literatur review dengan menganalisis jurnal-jurnal dan studi relevan. Fokus kajian meliputi: (1) karakteristik PJBL dalam pembelajaran SD, (2) hubungan PJBL dengan kemampuan berpikir kritis, serta (3) implementasi PJBL dalam konteks siswa kelas 4. Hasil kajian menunjukkan bahwa PJBL secara signifikan mampu meningkatkan aspek berpikir kritis siswa, seperti kemampuan menganalisis masalah, merancang solusi, dan merefleksi hasil kerja. PJBL mendorong siswa untuk aktif dan terlibat secara mendalam dalam proses belajar, serta relevan dengan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penerapan PJBL memerlukan dukungan guru yang kompeten, perencanaan yang matang, serta lingkungan belajar yang kolaboratif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pesona

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pesona Indonesia (JPI), diterbitkan oleh Institut Teknologi Pendidikan Indonesia E-ISSN: 3064 - 6448, adalah jurnal multidisiplin yang menjadi platform bagi peneliti dan akademisi untuk mempublikasikan hasil penelitian orisinal, ulasan ilmiah baru, dan analisis mendalam yang relevan secara ...