Jurnal Pendidikan Transformatif
Vol. 2 No. 4 (2023): Oktober 2023

Melalui Gotong Royong dan kolaborasi: Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari

Supini, Murmanan (Unknown)
Santoso Gunawan (Unknown)
Mustakim (Unknown)
Daryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini menggambarkan sebuah program pendidikan karakter yang bertujuan untuk mengajarkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas 1. Program ini memanfaatkan semangat gotong royong (kerja sama dan saling membantu) serta kolaborasi dalam kegiatan pembelajaran dan kehidupan sosial siswa. Tujuannya adalah agar siswa memahami dan menginternalisasi nilai-nilai dasar Pancasila, seperti persatuan, keadilan, demokrasi, dan kesejahteraan, serta menerapkan nilai-nilai ini dalam tindakan sehari-hari mereka. Melalui partisipasi aktif siswa, dukungan guru, dan atmosfer sekolah yang mendukung, program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mempromosikan budaya gotong royong dan kolaborasi. Ini, pada gilirannya, diharapkan dapat membentuk generasi muda yang bertanggung jawab, peduli sosial, dan memiliki etika yang kuat. Penelitian ini akan memantau  implementasi program dan mengukur dampaknya pada pemahaman nilai-nilai Pancasila siswa, perubahan perilaku, dan  perkembangan budaya sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang efektivitas program dalam mencapai tujuan pendidikan karakter dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas 1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN:2963-3176) adalah Jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh YAYASAN AYA SOPHIA INDONESIA pada tahun 2022. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan ...