Penelitian ini menggambarkan sebuah program pendidikan karakter yang bertujuan untuk mengajarkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas 1. Program ini memanfaatkan semangat gotong royong (kerja sama dan saling membantu) serta kolaborasi dalam kegiatan pembelajaran dan kehidupan sosial siswa. Tujuannya adalah agar siswa memahami dan menginternalisasi nilai-nilai dasar Pancasila, seperti persatuan, keadilan, demokrasi, dan kesejahteraan, serta menerapkan nilai-nilai ini dalam tindakan sehari-hari mereka. Melalui partisipasi aktif siswa, dukungan guru, dan atmosfer sekolah yang mendukung, program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mempromosikan budaya gotong royong dan kolaborasi. Ini, pada gilirannya, diharapkan dapat membentuk generasi muda yang bertanggung jawab, peduli sosial, dan memiliki etika yang kuat. Penelitian ini akan memantau implementasi program dan mengukur dampaknya pada pemahaman nilai-nilai Pancasila siswa, perubahan perilaku, dan perkembangan budaya sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang efektivitas program dalam mencapai tujuan pendidikan karakter dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas 1.
Copyrights © 2023